Ini Dia Penyebab Umum Klaim Asuransi Jiwa Ditolak

Asuransi jiwa saat ini menjadi salah satu produk keuangan yang banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini. Adanya produk keuangan ini bisa memberikan proteksi bagi keluarga dari resiko mengalami kerugian finansial saat tulang punggung dalam keluarga mengalami musibah sakit atau bahkan meninggal dunia. Sehingga memang produk keuangan ini sangat disarankan bagi mereka yang sudah berkeluarga. Meskipun kini sudah banyak yang tertarik untuk memiliki jenis perlindungan ini, namun tidak sedikit juga yang belum tertarik untuk memilikinya.

Ada berbagai alasan kenapa sebagian masyarakat enggan untuk memilikinya. Salah satu alasan yang cukup kerap dikemukakan adalah pengajuan klaim yang dianggap ribet. Klaim merupakan cara yang harus dilakukan agar nantinya ahli waris bisa mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan ketika tertanggung mengalami resiko meninggal dunia. Sehingga memang banyak yang khawatir tidak bisa mendapatkan manfaat uang pertanggungan lantaran proses klaim yang dinilai bertele-tele dan lama. Padahal lamanya waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam mencairkan klaim yang diajukan oleh nasabah dikarenakan prosesnya yang menuntut ketelitian.

Saat nasabah mengajukan klaim, pihak perusahaan asuransi harus melakukan verifikasi banyak hal, seperti penyebab sakit atau meninggal dunia, apakah sesuai dengan perjanjian ataukah tidak. Belum lagi mengenai kelengkapan dokumen yang diajukan klaim. Jika dokumen yang diberikan kurang lengkap, data yang tertulis tidak sesuai, maka juga bisa menjadi penyebab klaim ditolak. Oleh karena itu, agar klaim berjalan lancar, sebaiknya ketahui penyebab umum klaim ditolak berikut ini:

  1. Persyaratan tidak lengkap.
  2. Tertanggung meninggal dunia akibat bunuh diri.
  3. Pembayaran premi macet.
  4. Tertanggung meninggal dunia akibat melakukan tindakan kejahatan.

Berbagai alasan tersebut yang menjadi penyebab klaim bisa ditolak. Sehingga ada baiknya Anda tidak menganggapnya remeh karena akan menyebabkan ahli waris atau keluarga tidak bisa mendapatkan manfaat uang pertanggungan yang seharusnya bisa digunakan sebagai pengganti sumber penghasilan yang hilang. Maka dari itu, ketika membeli produk asuransi jiwa, baca dan pahami dengan teliti apa saja yang menjadi ketentuan. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari dan klaim pun bisa lancar. Selain itu, pastikan membeli produk perlindungan jiwa yang sudah terpercaya, seperti produk Flexi Life dari Astra I Love Life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *