Berikut Cara Agar Klaim Asuransi Jiwa Tidak Mengalami Hambatan

Memiliki asuransi jiwa sangat diperlukan untuk melindungi keluarga tercinta dari resiko finansial yang bisa terjadi ketika terjadi musibah pada tulang punggung keluarga, seperti sakit, cacat permanen, atau bahkan meninggal dunia. Namun sayangnya, meskipun manfaatnya tergolong penting, ada banyak orang yang belum tertarik untuk memilikinya. Berbagai alasan yang kerap melatarbelakanginya adalah lantaran proses klaim yang dinilai susah dan merepotkan.

Adanya produk keuangan ini sebenarnya selain bisa memberikan perlindungan bagi keluarga, juga memiliki manfaat lain yang tak kalah besar. Sebut saja bisa sebagai instrumen investasi, membuat hidup lebih tenang dan nyaman dijalani, membantu dalam pengaturan keuangan, bahkan tabungan masa depan. Sayangnya untuk mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan jika mengalami suatu musibah, tak sedikit orang yang masih bingung dengan cara klaimnya. Apalagi selama ini yang berhubungan langsung dengan perusahaan adalah tertanggung. Yang mana mengakibatkan ketika tertanggung meninggal dunia, ahli waris mengalami kesulitan saat melakukan klaim.

Nah, agar klaim asuransi jiwa bisa berjalan dengan lancar, berikut ini ada tips yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Siapkan surat kematian tertanggung dari rumah sakit atau pemerintah setempat.
  2. Siapkan polis atau surat-surat perjanjian antara tertanggung dengan perusahaan.
  3. Isi formulir pengajuan klaim dengan benar.
  4. Siapkan juga kelengkapan surat lainnya, seperti fotokopi identitas diri dari ahli waris, surat kematian, surat kepolisian (jika meninggal dunia akibat kecelakaan), polis asli, dan surat keterangan dari rumah sakit.
  5. Serahkan semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan untuk klaim.
  6. Tunggu proses verifikasi, jika surat dan syarat dirasa lengkap maka proses selanjutnya adalah pencairan klaim.

Itu tadi cara yang perlu dilakukan agar klaim bisa diterima dan berjalan lancar. Sehingga manfaat berupa uang pertanggungan yang dimaksudkan bagi ahli waris pun bisa diterima sesuai dengan semestinya. Mengingat klaim bisa saja ditolak untuk alasan tertentu, sebaiknya saat membeli produk keuangan ini agar lebih teliti dalam membaca ketentuan dan persyaratan polis. Sehingga Anda nantinya tidak akan mengalami suatu kerugian di masa mendatang serta manfaatnya pun bisa dirasakan secara optimal. Untuk kebutuhan asuransi jiwa untuk melindungi Anda dan keluarga, produk Flexi Life dari Astra I Love Life bisa menjadi pertimbangan yang bagus. Selain premi yang cukup fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, juga uang pertanggungan yang diberikan cukup besar hingga milyaran rupiah. Tak hanya itu saja, masih banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *