Berikut 3 Unsur Asuransi yang Wajib Anda Ketahui!

Kehilangan sesuatu, sakit hingga kecelakaan selalu menghantui kehidupan manusia. Tidak ada yang dapat lepas dari hal tersebut. Kehidupan aman 100% itu tidak ada. Selalu ada gangguan-gangguan yang terus dilewati. Gangguan tersebut dapat terjadi kapan saja dan tidak mengenal tempat. Bahkan tidak jarang resiko tersebut sampai harus menguras asset dan harta benda yang Anda miliki. Sehingga manusia tidak bisa menghindari resiko walaupun sudah berusaha cari aman. Oleh sebab itu, Anda harus mencari produk perlindungan, yaitu asuransi yang berasal dari Bahasa Inggris insurance yang bermakna jaminan atau perlindungan.

Produk tersebut dapat menanggulangi resiko dengan mekanisme yang bisa mengalihkan resiko yang mungkin menimpa tertanggung kepada penanggung. Pengalihan resiko tersebut dilakukan dengan pembayaran klaim yang diberikan oleh penanggung kepada pihak tertanggung yang memperoleh kerugian dari suatu peristiwa atau kejadian yang dijaminkan. Layanan ini mampu mereduksi atau mengurangi pengaruh kerugian yang timbul dari sebuah resiko.

Dalam layanan ini terdapat 3 unsur yang menjadi acuan utama mekanisme pengurangan resiko tertanggung. Unsur-unsur tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Premi.

Premi merupakan kewajiban yang harus dibayarkan oleh tertanggung kepada pihak penanggung sebagai jasa pengalihan resiko yang diinginkan. Agar manfaat pengalihan resiko dapat benar-benar Anda nikmati maka kewajiban ini harus dilunasi oleh tertanggung. Besaran kewajiban tergantung dari jenis dan kebijakan dari perusahaan pihak penanggung.

  • Polis.

Sebagai ganti premi yang telah dibayarkan maka tertanggung mempunyai hak untuk memperoleh polis. Polis merupakan surat perjanjian yang dikeluarkan oleh penanggung kepada tertanggung yang menjadi dasar untuk pembayaran ganti rugi kepada tertanggung dari kerugian yang dialami. Segala ketentuan yang menjamin hingga data-data semua ada di surat perjanjian tersebut.

  • Klaim.

Ketika menerima kerugian dari suatu kejadian atau peristiwa, Anda dapat mengecek resiko tersebut apakah masuk dalam jaminan yang tertera pada polis atau tidak. Apabila resiko tersebut tercantum, maka dapat mengajukan klaim sebagai bentuk permintaan penggantian atas kerugian yang Anda alami.

Oleh sebab itu memiliki asuransi sangat penting. Dalam memilih perusahaan harus cermat dan terpercaya, salah satunya perusahaan Asuransinya dari Astra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *