Inilah Beberapa Kesalahan dalam Mengatur Keuangan untuk UMKM

Asuransi merupakan suatu istilah yang digunakan untuk memberikan perlindungan maupun ganti rugi secara finansial yang merujuk pada jiwa, kesehatan dan properti. Tertanggung merupakan orang yang akan dilindungi dan penanggung adalah perusahaan atau agen asuransi yang menawarkan produk asuransi. Dalam asuransi Indonesia terdapat prinsip insurable interest yang merupakan hak dalam asuransi yang menghubungkan keuangan dengan pihak tertanggung secara hukum. Proximate cause yang merupakan penyebab aktif, efisien sehingga terjadi akibat tanpa campur tangan secara aktif dari sumber baru. Indemnity yang merupakan mekanisme sebagai penanggung memberikan kompensasi dalam finansial untuk tertanggung dengan kondisi keuangan sebelumnya rugi.

UMKM merupakan sebuah usaha lokal yang memanfaatkan tenaga kerja dengan menggunakan penduduk lokal. Berikut adalah kesalahan mengatur keuangan untuk UMKM diantaranya:

  • Menggunakan rekening pribadi untuk memasukkan dan menyimpan pengeluaran maupun pemasukan, hal ini tentunya akan menyusahkan dalam memilah dan mengelola keuangan dan tidak mengetahui penggunaan dari uang pemasukan yang digunakan.
  • Tidak menggunakan catatan pengeluaran dari jumlah modal yang digunakan, pemasukan dan keuntungan yang diperoleh dan tidak mengatur uang yang masuk dan keluar sehingga tidak dapat mengetahui arus keuangan.
  • Masih memberikan istilah harga teman jika ada teman atau saudara yang mampir ke usaha sehingga membuat keuntungan tidak sesuai, yang harus diingat adalah bisnis tetap bisnis.
  • Jualan laris tetapi melakukan foya-foya hal ini tentunya membuat uang yang diterima berkurang karena bisnis membutuhkan waktu untuk mendapatkan keuntungan yang baik.

Oleh karena itu asuransi Indonesia dapat digunakan untuk UMKM. Saat membeli asuransi, pelaku usaha harus mengetahui pengaruh dari manfaat setelah melakukan pembelian dan premi yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan. Pelaku usaha sebagai tertanggung perlu memahami berbagai hak dan manfaat secara detail yang dipelajari melalui polis asuransi dari perusahaan asuransi dengan memahami resiko yang akan ditanggung untuk nasabah sehingga dapat menerima berbagai hal yang terjadi di masa datang.

Berikut adalah manfaat UMKM mengikuti asuransi:

  • Memberikan perlindungan aset seperti gerobak, toko, kantor, warung maupun produk dari produk usaha yang disebabkan oleh kebakaran dan memberikan perlindungan karena terjadinya perampokan maupun pencurian yang merugikan dan kehilangan aset.
  • Memberikan perlindungan untuk karyawan saat mengalami kecelakaan atau cacat permanen sehingga menjadi salah satu proteksi untuk karyawan dan tetap menjaga kredibilitas dari usaha.

Selain itu, manfaatnya juga akan memberikan perlindungan terhadap proses ekspor maupun impor produk barang dan perjalanan bisnis. Saat memilih asuransi Indonesia maka sebaiknya memilih perusahaan yang sudah terjamin dan memiliki reputasi yang baik. Tertanggung juga perlu memahami kemampuan dalam membayar premi. UMKM juga dapat mengikuti asuransi yang diberikan oleh pemerintah sehingga akan memudahkan dalam melakukan klaim ataupun memilih asuransi Astra yang menyediakan asuransi untuk bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *