Mengulas 4 Jenis Asuransi Jiwa Beserta Plus Minusnya dan Ketahui Mana yang Paling Cocok untuk Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi jiwa, maka ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan, mulai diantaranya adalah premi yang ditawarkan, perusahaan penerbit, sampai dengan yang tidak kalah penting adalah jenis asuransi jiwa tersebut sendiri, karena memang jika dilihat dari segi ragamnya tak hanya ada 1 melainkan 4 jenis yang berbeda-beda. Bahkan setiap jenis produk asuransi jiwa ini juga memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Lalu manakah yang paling cocok untuk diri sendiri, sebelumnya ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya berikut ini, yaitu:

  1. Asuransi jiwa seumur hidup, produk yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat, karena memberikan jaminan perlindungan secara penuh. Fungsinya memang untuk proteksi secara optimal tanpa ditambah dengan manfaat tabungan maupun investasi. Bisa melindungi sampai dengan 100 tahun, preminya juga akan selalu aman atau tidak akan hangus meskipun tidak ada klaim. Hanya saja kelemahannya adalah jika dilihat dari segi harga premi terbilang mahal dan harus dibayar secara konsisten selama pemegang polisnya masih hidup atau sampai jangka waktu perjanjian. Namun untuk sistem pembayaran preminya dapat disesuaikan dengan kemampuan, bisa bulanan, semesteran maupun tahunan. Cocok untuk Anda yang menginginkan perlindungan optimal.
  2. Asuransi jiwa berjangka atau term life, jenis asuransi jiwa yang satu ini menawarkan nilai premi yang murah, dimana ia dapat disesuaikan dengan keuangan Anda, jadi nasabah memilih sendiri berapa premi yang ingin dibayarkan, uang pertanggungan yang ditawarkan juga besar nilainya mencapai milyaran rupiah. Anda bisa memilih jangka waktu perlindungan atau proteksi antara 5 hingga 20 tahun. Hanya saja jika tidak dilakukan klaim pada masa kontrak tersebut, secara otomatis uang premi yang sudah Anda bayarkan hangus menjadi milik perusahaan sepenuhnya. Cocok untuk Anda yang mengutamakan masa depan buah hati dan keluarga tercinta.
  3. Asuransi dwiguna, seperti namanya ia menawarkan 2 manfaat sekaligus bagi nasabah, diantaranya adalah manfaat perlindungan dan satu lagi adalah manfaat tabungan, jadi ada uang tabungan yang nantinya dapat ditarik sewaktu-waktu saat membutuhkan, bahkan dapat dilakukan klaim sebelum masa kontrak berakhir. Namun kelemahannya disini adalah tidak bisa memberikan perlindungan atau biaya pertanggungan secara optimal. Asuransi ini cocok untuk yang ingin menjamin biaya pendidikan anak.
  4. Asuransi unit link, produk ini menawarkan 2 manfaat sekaligus, diantaranya adalah manfaat perlindungan diimbangi juga dengan manfaat investasi, sehingga nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dari hadirnya investasi tersebut, namun sejalan dengan hal ini maka resikonya juga terbilang besar, belum tentu nantinya bisa menikmati manfaat asuransi tersebut, lebih cocok untuk Anda yang fokusnya adalah profit atau investasi.

Jadi makanan jenis asuransi jiwa yang paling cocok untuk Anda, beli saja di Asuransi Astra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *