Berikut 3 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Produk Asuransi Kredit

Banyak perusahaan asuransi yang berlomba-lomba dalam menawarkan produknya kepada masyarakat. Apalagi kehadiran perusahaan-perusahaan asuransi baru juga semakin banyak dengan jenis produk yang sangat beragam. Mungkin sudah ada yang mengenal mengenai produk asuransi kredit. Biasanya jenis asuransi yang satu ini ditujukan bagi mereka yang menggunakan produk keuangan seperti diantaranya adalah meminjam dari bank.

Biasanya untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi maka bank akan menawarkan produk asuransi ini kepada debiturnya. Dengan hadirnya asuransi tersebut paling tidak ada jaminan yang diberikan kepada bank, jika seandainya pemilik hutang atau debitur tersebut nantinya tidak bisa melunasi hutang dikarenakan oleh beberapa kondisi, seperti diantaranya adalah meninggal dunia, maka tetap ada ganti rugi yang diberikan kepada perusahaan asuransi. Jenis asuransi semacam ini tak jarang juga mungkin tampak begitu kurang penting, karena ada yang tidak menikmati fasilitasnya sama sekali.

Mengingat pada dasarnya nasabah atau debiturnya tersebut terbukti bisa melunasi hutang yang dimiliki sampai tuntas. Lalu kemanakah perginya uang yang sudah dibayarkan tersebut? Tentunya sepenuhnya sudah menjadi hak dari perusahaan asuransi bukan. Sehingga dalam mengambil produknya juga harus tetap mempertimbangkan berbagai macam aspek, diantaranya adalah:

  1. Jumlah hutang atau pinjaman yang dimiliki di bank, jika nominalnya masih tergolong kecil, ada baiknya tidak perlu ambil asuransi ini karena akan merugikan Anda.
  2. Usia dan juga riwayat penyakit, pertimbangan lainnya juga hal ini, karena semakin tua seseorang maka resikonya juga semakin tinggi, begitu juga jika memiliki riwayat penyakit yang serius, untuk itulah harus mengambil produk asuransi tersebut untuk mencegah berbagai macam resiko yang terjadi.
  3. Tawaran preminya, jika nilai preminya terlalu tinggi sebaiknya digunakan sebagai uang untuk membayar hutang bukan membeli produk asuransi ini.

Pertimbangkan juga perusahaan yang mengeluarkan asuransi kredit ini, apakah benar-benar bisa dipercaya ataukah tidak, karena jika salah dalam memilih perusahaan juga percuma akan menyebabkan pengajuan klaim dipersulit, bahkan tidak bisa mendapatkan uang hak nasabah tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *