Simak Ulasan Tentang Manfaat dan Kelebihan Asuransi Kredit

Asuransi kredit merupakan perlindungan yang diberikan oleh lembaga asuransi untuk membiayai keuangan dan resiko terhadap kegagalan debit untuk melunasi semua fasilitas yang telah digunakan melalui kredit maupun pinjaman tunai. Asuransi jenis memiliki penanggung jawab yaitu perusahaan keuangan yang mengajukan asuransi ini dan membuat asuransi bi party agreement yang hanya melibatkan dua pihak yaitu perusahaan asuransi sebagai penanggung jawab dan lembaga sebagai yang tertanggung. Objek pertanggungan ini dilihat dari seberapa besarnya kerugian yang dialami dan penjaminan untuk mempunyai izin melakukan penjaminan asuransi.

Berikut adalah manfaatnya:

  • Terdapat 3 jenis penanggungan yaitu sisa pinjaman tanpa tunggakan dan bunga pembayaran, dan bunga yang maksimal 3 bulan pembayaran sebesar pinjaman.
  • Melindungi lembaga keuangan jika memperoleh kredit yang dipinjamkan dan akan membantu pengarahan keamanan prekreditan.

Kriteria kredit yang dijamin berdasarkan norma-norma yang sehat dan wajar dalam perkreditan, sesuai dengan manual pemberian kredit dari BI, memiliki izin usaha dan ke debitur yang sedang ditentukan oleh pihak berwenang dan bertentangan dengan hukum, ke debitur untuk proses kepailitan dan dinyatakan pailit demi hukum dan ke debitur yang tidak memiliki tunggakan. Untuk kredit massal dijamin berdasarkan sektor ekonomi yang sama dan ditinjau dari aspek manajemen, pembelanjaan dan pengelolaan terkait teknis usaha yang dilakukan. Dokumen yang harus disiapkan adalah perjanjian kerja sama atau surat adanya kesepakatan antara kedua belah pihak, manual pemberian kredit oleh lembaga dan akte perasaan dari debitur dan copy untuk tembusan permohonan.

Resiko yang ditanggung oleh asuransi kredit adalah debitur tidak melunasi karena saat jatuh tempo usaha tersebut sudah tidak berjalan dengan baik, dinyatakan dalam keadaan yang tidak memenuhi pailit debitur, dikenakan likuidasi dan sepanjang bukan hukum. Selain itu debitur melarikan dan adanya penarikan kembali kredit serta resiko lain yang disetujui bersama dengan pihak. Resiko yang tidak ditanggung adalah reaksi nuklir, kerugian yang diderita debit dan terjadinya resiko terhadap politik dan bencana alam atau kesalahan dari lembaga keuangan. Untuk mengurus asuransi dapat melalui asuransi Astra yang memberikan keuntungan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *