Ulasan Seputar Pengertian Asuransi Kelautan yang Perlu Anda Ketahui

Asuransi merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang banyak digunakan oleh masyarakat zaman sekarang. Asuransi menjadi alternatif investasi yang cukup baik untuk meminimalisir dari resiko atas kejadian yang tidak terduga. Asuransi terdiri dari berbagai jenis atau macam dan dikelompokkan berdasarkan fokus yang dilindungi dan resiko yang dihadapi. Jika selama ini Anda hanya mengenal jenis asuransi, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan asuransi kendaraan, maka sesungguhnya ada banyak sekali produk asuransi untuk berbagai kebutuhan manusia. Bahkan ada yang sudah ada sejak dahulu namun belum kita ketahui karena tidak pernah menggunakannya. Sebagai contoh adalah asuransi kelautan. Jenis asuransi yang satu ini memberikan pertanggungan dan perlindungan untuk barang yang dikirim melalui jalur laut.

Bagi yang bergerak di bidang perdagangan, dimana sering melakukan pengiriman barang melalui jalur laut maka asuransi yang satu ini terbilang sangat penting. Karena asuransi ini akan mengalihkan resiko yang mungkin terjadi pada barang kiriman yang menggunakan jasa angkutan laut. Dengan begitu jaminan keselamatan barang akan terjaga oleh asuransi tersebut. Asuransi pengangkutan laut ini sudah tertulis jelas pada perundang-undangan untuk beberapa jenis larangannya.

Asuransi pengangkutan kelautan ini terdapat dua jenis polis yang umum digunakan, yaitu:

  1. New Marine Policy Form (NMPF), digunakan untuk pengangkutan antar negara (seperti pada ekspor dan impor).
  2. Polis Standar Asuransi Pengangkutan Barang Indonesia (PSAPBI), yang digunakan untuk pengangkutan nasional atau dalam negeri.

Dalam polis asuransi pengangkutan kelautan, ada beberapa resiko yang dikecualikan untuk diberi pertanggungan, seperti:

  • Kerusakan karena sifat alami barang atau benda.
  • Berkurangnya volume atau berat barang secara wajar.
  • Pemilik ataupun operator kapal mengalami kendala finansial.
  • Kerugian akibat keterlambatan barang.
  • Dll.

Dan untuk faktor penentu premi asuransi kelautan yang dibayarkan berdasarkan beberapa hal berikut ini:

  • Jenis barang dan kemasan.
  • Alat angkut yang digunakan.
  • Rute perjalanan dan jarak tempuh.
  • Luas perlindungan yang diminta.

Beberapa perusahaan asuransi ada yang menawarkan produk asuransi jenis ini untuk menjawab kebutuhan proteksi pada pengangkutan barang melalui jalur laut. Salah satu yang cukup terpercaya adalah asuransi marine cargo dari Asuransi Astra.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *