5 Tips Mengatur Keuangan Setelah Kehadiran Anggota Keluarga Baru di Rumah

Bagi pasangan muda atau yang baru saja menikah kehadiran buah hati pastinya jadi sesuatu yang sangat ditunggu bukan. Karena nantinya akan melengkapi atau semakin menggenapkan kebahagiaan keluarga tersebut. Namun juga harus diketahui, pada saat kelahiran buah hati ini nantinya maka kehidupan Anda bersama dengan pasangan sudah tidak sama lagi. Ada banyak hal yang harus dibagi, mulai diantaranya adalah waktu, kasih sayang dan yang tidak kalah penting adalah keuangan. Karena bayi yang baru lahir ini pastinya juga akan membutuhkan banyak pengeluaran.

Jadi keberadaan anggota keluarga baru di tengah-tengah kehidupan Anda tersebut artinya juga harus bersiap dengan rencana keuangan yang baru juga. Karena bukan hanya masalah sekarang, ketika bayi masih kecil mungkin biaya yang harus dikeluarkan hanya sebatas untuk susu, kemudian juga pakaian mereka dan juga barang-barang kebutuhan si kecil yang tidak seberapa. Namun berbeda lagi ceritanya jika seandainya mereka sudah besar, memasuki masa sekolah. Harus keluar biaya pendidikan yang nilainya tidak bisa dikatakan kecil.

Untuk itu maka berikut ini diantaranya ada beberapa rencanakan keuangan baru yang harus sudah mulai dibuat saat kehadiran buah hati, diantaranya adalah:

  1. Menyiapkan tabungan pendidikan, tabungan pendidikan ini penting untuk mulai dipersiapkan sedini mungkin. Mengingat bagaimanapun tentunya Anda sudah tahu bahwa seandainya biaya pendidikan termasuk cukup mahal, selalu terjadi peningkatan dari tahun ke tahun, sehingga jika tidak dipersiapkan sedini mungkin, maka besar kemungkinan nantinya akan sangat mengganggu masa depan buah hati Anda. Mulai pilah-pilih beberapa produk tabungan pendidikan terbaik yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan dan daftar.
  2. Mulai mengubah anggaran bulanan, karena pastinya ada banyak hal-hal baru yang harus dipersiapkan, maka jenis barang yang masuk dalam kebutuhan bulanan agaknya juga harus disusun ulang, tak hanya kebutuhan rumah tangga dan juga makanan saja. Melainkan nantinya juga akan masuk beberapa list barang tambahan yang harus dibeli layaknya susu, popok, pakaian bayi dan sejenisnya. Jadi pengeluaran untuk anggaran bulanan hendaknya juga sudah haru disusun ulang.
  3. Sebisa mungkin melakukan penghematan untuk hal-hal lain, sehingga nantinya dana yang Anda miliki tersebut dapat dialokasikan untuk kebutuhan yang lainnya. misalnya adalah biaya listrik, air dan juga internet. Sebelum kedatangan buah hati mungkin Anda terbilang kurang begitu hemat akan hal-hal semacam ini. Mulai sekarang ubah kebiasaan tersebut, karena biaya penghematan yang bisa dilakukan dari beberapa hal tersebut nantinya akan sangat berguna untuk dialokasikan pada kebutuhan lain yang sifatnya lebih penting.
  4. Manfaatkan barang-barang pemberian atau kado orang lain untuk buah hati Anda, untuk lebih menekan biaya pengeluaran seperti untuk kebutuhan baju atau sejenisnya, apalagi di bulan-bulan pertama kelahiran, mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan persalinan juga cukup menguras biaya. Maka ada baiknya untuk memanfaatkan terlebih dahulu barang-barang pemberian dari sanak saudara atau teman untuk jangka waktu beberapa bulan kedepan, sehingga tak banyak keluarkan uang lagi.
  5. Sebisa mungkin cari penghasilan tambahan, menambah anggota keluarga baru memang berarti tingkat kebutuhan akan bertambah, ada baiknya untuk mencari penghasilan tambahan, entah itu dengan mulai mengelola sebuah bisnis atau yang lainnya.

Mudah bukan, dengan demikian bertambahnya anggota keluarga tentu tidak akan terlalu menggoncang keuangan di dalam rumah tangga Anda, karena sudah direncanakan secara matang dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *