Inilah Beberapa Jenis Asuransi di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Asuransi bukanlah sesuatu yang asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Karena memang banyak masyarakat yang sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi dan menggunakan salah satu produk layanannya. Di Indonesia ada berbagai jenis asuransi yang ditawarkan dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Asuransi sendiri sangat penting dimiliki guna memberikan perlindungan finansial untuk jiwa, kesehatan, pendidikan, properti, dlsb agar mendapatkan penggantian jika mengalami kejadian yang tidak terduga di masa mendatang, seperti kecelakaan, kematian, kerusakan, kehilangan, sakit, dlsb dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu.

Banyak jenis asuransi yang bisa dipilih masyarakat Indonesia sesuai dengan kebutuhan. Adapun diantaranya sebagai berikut:

  • Asuransi kesehatan.

Produk asuransi ini ditujukan untuk menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit dan menanggung biaya perawatan. Asuransi kesehatan merupakan jenis ini yang cukup banyak dimiliki oleh masyarakat dan produknya hampir dimiliki oleh semua perusahaan asuransi. Seperti asuransi kesehatan Garda Medika dari Astra misalnya yang berupa perlindungan kesehatan untuk karyawan dengan biaya memadai layanan kesehatan yang fleksibel.

  • Asuransi pendidikan.

Asuransi ini sangat bermanfaat untuk merencanakan pendidikan anak di masa depan. Biaya premi yang harus dibayarkan untuk jenis ini berbeda antara perusahaan asuransi satu dengan yang lainnya, tergantung tingkat pendidikan yang diinginkan.

  • Asuransi jiwa.

Asuransi ini ditujukan untuk menanggung kerugian finansial yang disebabkan oleh kejadian tidak terduga, seperti kematian, kecelakaan, sakit, dlsb. Sehingga saat polis mengalami musibah, perusahaan asuransi akan membayarkan nominal uang yang sudah ditentukan atau sepakati.

  • Asuransi kredit.

Asuransi ini berkaitan dengan jasa perbankan, dimana proteksi untuk resiko kegagalan debitur dalam melunasi pinjaman dana untuk modal kerja, kredit pembelian, dlsb. Asuransi ini bertujuan untuk melindungi bank dari resiko nasabah tidak mengembalikan kredit pinjaman yang telah diperoleh.

  • Asuransi kendaraan.

Bentuk pertanggungan asuransi ini ditujukan untuk kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh tabrakan, benturan, kebakaran, pencurian, dlsb.

  • Asuransi properti.

Jenis asuransi ini memberikan manfaat berupa perlindungan bagi pemilik properti untuk kerugian yang disebabkan oleh kebakaran, bencana alam, dll.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *