Lebih Baik Mana Asuransi Kesehatan atau BPJS Kesehatan?

Datangnya sebuah penyakit memang tidak bisa diprediksi oleh setiap orang, namun satu hal yang pastinya adalah dilakukan ketika sudah sakit, yaitu berobat agar bisa mendapatkan kesembuhan. Bagi orang-orang yang mampu dari segi finansial tentunya bukan sebuah masalah besar jika memang harus berobat, karena ada uang yang dimiliki. Namun bagaimana dengan mereka yang belum tentu memiliki uang untuk menjalani pengobatan? Tentunya hal ini akan menjadi masalah bukan. Itulah mengapa sangat dianjurkan paling tidak memiliki asuransi kesehatan.

Dengan adanya askes memungkinkan untuk tetap bisa mendapatkan layanan pengobatan tanpa harus membayar lagi, karena setiap bulannya sudah ada premi yang dibayarkan. Apalagi jika dilihat pemerintah sendiri juga menawarkan program khusus yaitu BPJS kesehatan, lalu sebenarnya manakah yang lebih menguntungkan, BPJS kesehatan atau asuransi kesehatan? Berikut yang harus diketahui:

  1. Premi, untuk masalah premi ini sendiri maka BPJS memang lebih unggul, karena bagaimanapun mereka menawarkan nilai premi yang benar-benar murah menyesuaikan dengan golongan pendapatan penerima sendiri, dibandingkan dengan askes yang rata-rata ditawarkan dengan premi mahal.
  2. Pemakaian, hampir semua rumah sakit bisa dijadikan sebagai rujukan pengobatan dengan pembayaran dari BPJS kesehatan ini, sedangkan untuk askes sendiri tidak semua rumah sakit, hanya rumah sakit tertentu yang memang sudah bekerjasama dengan perusahaan tersebut.
  3. Pendaftaran, semua orang bisa dengan mudah mendaftarkan BPJS kesehatan, bahkan bagi yang sudah sakit dan berobat sekalipun, tanpa dikenai dengan biaya tambahan. Namun agak berbeda dengan askes, ada ketentuan khusus dimana ketika mendaftar harus dalam kondisi sehat, ketika dilakukan check up ternyata sudah ada resiko penyakit, maka ada biaya tambahan atau denda yang diberikan.
  4. Jenisnya, untuk BPJS kesehatan mungkin jenisnya hanya satu saja, namun berbeda dengan askes yang ragamnya begitu banyak, entah itu yang biasa, maupun askes untuk penyakit berbahaya. Berbeda fasilitas dan pastinya juga premi yang harus dibayarkan.

Pada dasarnya BPJS kesehatan memang lebih menguntungkan dibandingkan dengan asuransi kesehatan, namun sering kali pelayanannya sangatlah lama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *